Rakyat.ga

Media Penyalur Berita dan Informasi

Ada Mafia Sembako, Presiden Jokowi: Akan Saya Kejar

Pedagang bahan kebutuhan pokok (sembako). TEMPO/Tony Hartawan
Bandung - Presiden Joko Widodo memastikan stok bahan pokok di Indonesia mencukupi. Hal tersebut dinyatakan Presiden Jokowi saat melakukan inspeksi mendadak ke gudang Bulog Jawa Barat pada Senin, 15 Juni 2015. 

Jokowi menyatakan akan mengejar para oknum yang berani bermain dengan harga-harga bahan pokok selama Ramadan. Sebab, stok bahan pokok tidak mengalami kekurangan.

"Beras, gula, daging, bahkan bawang merah itu semua stoknya ada. Oleh sebab itu, saya tegaskan, jangan ada yang main-main dengan harga pasar. Saya pastikan akan saya kejar," ujar Presiden Jokowi, Senin, 15 Juni 2015.

Jokowi menjelaskan komoditas bahan pokok yang harganya melambung tinggi akan diredam dengan membanjiri suplai dari wilayah yang berlimpah. Hal ini dilakukan agar harga komoditas, seperti bawang merah, tidak melambung tinggi melebihi harga kenaikan yang wajar.

"Kemarin bawang merah sampai Rp 30 ribu per kilogram. Saya memastikan akan digerojok dari Brebes atau daerah penghasil lainnya," katanya.

Cabai merah, kata Jokowi, akan disuplai dari daerah yang sedang panen, seperti Bandung, Sukabumi, dan Sumedang. "Kami lakukan manajemen distribusi untuk menekan kenaikan harga," tutur Jokowi.

Ia juga menegaskan bahwa operasi pasar dan pembagian beras untuk orang miskin, yang nanti akan dilakukan, menggunakan beras stok terbaru, bukan beras lama. Namun dia mengakui kualitasnya sedikit berbeda dengan beras yang dijual di pasaran. 

Jokowi juga mengatakan bahwa Indonesia belum membutuhkan beras impor. Dia menegaskan stok beras di dalam negeri cukup berlimpah, terutama dari Sulawesi. "Sampai saat ini kami tidak impor beras karena masih aman. Bisa dilihat tadi datanya, kan? Kalaupun impor berarti ada kesalahan dalam kalkulasinya," ucap Jokowi.(tempo.co)
IKUTI BERITA KLIK
0 Komentar untuk "Ada Mafia Sembako, Presiden Jokowi: Akan Saya Kejar"

 
Copyright © 2015 Rakyat.ga - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info