Rakyat.ga

Media Penyalur Berita dan Informasi

Ahok Rotasi Ratusan Pejabat Pemprov DKI Hari Ini

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (Okezone)
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan melantik ratusan pejabat eselon III dan IV, di halaman Balai Kota DKI pada Senin 18 Mei 2015.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Agus Suradika mengatakan dalam pelantikan itu ada pegawai yang dimutasi, dipromosikan, dipindah ke satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lain, dan juga ada yang dijadikan staf.

"Kalau untuk pejabat yang didemosi atau yang di-grounded menjadi staf itu ada 41 pejabat. Kemudian 174 orang dipromosikan jabatannya, 352 pegawai dirotasi dengan SKPD yang sama dan 13 pejabat pindah ke SKPD lain," kata Agus saat dihubungi, di Jakarta, Minggu (17/5/2015).

Guna memilih pejabat-pejabat tersebut, instansinya tidak melakukan seleksi terbuka seperti yang diberlakukan untuk pejabat eselon II dan I. Rotasi pejabat ini ditentukan dan dinilai oleh Kepala SKPD terkait.

Kepala SKPD, kata Agus, memiliki kewajiban untuk memutuskan apakah organisasinya berjalan lancar atau tidak. Jika kinerja anak buah ada yang dirasa menghambat jalannya program unggulan, Kepala SKPD memiliki wewenang untuk menjadikan staf atau memindahkan pejabat tersebut.

Banyak faktor yang menyebabkan seorang pegawai negeri sipil (PNS) dicopot dari jabatannya.

"Faktor pertama karena kinerjanya dianggap rendah, kemudian tidak ada usaha untuk memperbaiki diri, kemudian ada urusan dengan teguran yang cukup lama. Faktor kedua bisa juga karena dilihat dari aspek moral. Jadi banyak faktor yang menyebabkan seseorang didemosi (dicopot)," terangnya.

Bagi pejabat yang memiliki kinerja buruk, Agus mengatakan biasanya orang yang bersangkutan tidak akan langsung diganti.

"Kalau akhirnya tetap didemosi, berarti pimpinannya betul-betul sudah tidak bisa lagi melakukan suatu perubahan," ujar mantan Wakil Kepala Dinas Pendidikan ini.

Pencopotan pejabat itu, sambungnya, ada dua opsi, yakni dirotasi untuk menempati jabatan lain, atau tidak sama sekali mendapatkan jabatan. Dengan kata lain dijadikan staf.

"Kalau dia menunjukkan kinerja yang bagus, tetapi aspek lingkungan tidak bisa, situasi sosialnya tidak mendukung, ya yang seperti itu yang harus dirotasi.

Jadi seseorang dari situasi sosial tertentu, bisa berubah karena faktor lingkungannya. Ini yang menjadi pertimbangan," tandasnya.(okezone.com)
IKUTI BERITA KLIK
0 Komentar untuk "Ahok Rotasi Ratusan Pejabat Pemprov DKI Hari Ini"

 
Copyright © 2015 Rakyat.ga - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info