Rakyat.ga

Media Penyalur Berita dan Informasi

DKI Gandeng Google untuk Pantau Lalu Lintas


Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan bekerja sama dengan Google Inc. dan aplikasi Waze untuk membuat Jakarta menjadi smart city. Google dan Waze akan menggunakan data arus lalu lintas yang dimiliki Dinas Perhubungan untuk ditampilkan kepada pengguna kedua aplikasi.

"Kami bekerja sama dengan cara bertukar data," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Muhammad Akbar di Balai Kota, Selasa, 11 November 2014. 

Akbar menjelaskan, instansinya akan memberikan data kecepatan kendaraan bermotor dan arus lalu lintas di setiap ruas jalan kepada kedua perusahaan tersebut. Data yang ada akan digabung dengan laporan yang disampaikan masyarakat. Warga dapat menggunakan data yang sudah diolah untuk memantau kondisi lalu lintas di Jakarta.

Di saat yang sama, Connected Citizens Program Manager dari Google, Paige Fitzgerald, mengatakan Jakarta merupakan salah satu dari sepuluh kota pertama yang diajak bekerja sama. Beberapa kota tersebut di antaranya, Rio de Janeiro, Barcelona, Tel Aviv, San Jose, serta beberapa kota di Amerika Serikat. 

Fitzgerald mengatakan Pemerintah DKI dapat memanfaatkan sistem yang mereka bangun untuk merespon laporan dan keluhan warga. Ia berujar ide kerja sama ini bermula untuk menghubungkan arus komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah dan menyediakan data yang bisa diakses keduanya. "Pemerintah dan Warga bisa berkomunkasi langsung," kata Fitzgerald.

Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan kerja sama ini bisa menggantikan program Intelligent Transport System (ITS) yang membutuhkan nilai anggaran yang besar. ITS, kata Ahok, semula berfungsi mengintegrasikan pengguna jalan, sistem transportasi, dan kendaraan melalui sistem informasi. Namun sistem tersebut tak berjalan optimal hingga sekarang. "Kalau kerja sama dengan Google ini gratis," ujar Ahok.

sumber : tempo.co
IKUTI BERITA KLIK
 
Copyright © 2015 Rakyat.ga - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info