Rakyat.ga

Media Penyalur Berita dan Informasi

Sutiyoso Dukung Ahok Bangun Lokalisasi Prostitusi

Basuki Tjahaja Purnama (kanan) bersalaman dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso sebelum acara pelantikan dirinya sebagai Gubernur DKI Jakarta sisa masa jabatan 2012-2017, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (19/11/2014). Basuki yang akrab disapa Ahok merupakan gubernur ketiga yang dilantik langsung oleh presiden setelah Ali Sadikin yang dilantik Presiden Soekarno dan Sri Sultan Hamengku Buwono X yang dilantik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA

Semasa era pemerintahannya, mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso tercatat pernah menutup lokalisasi prostitusi Kramat Tunggak, Koja, Jakarta Utara. Meski demikian, pria yang akrab disapa Bang Yos itu menyatakan langkahnya itu bukan menandakan ia anti terhadap keberadaan lokalisasi prostitusi. 

Menurut Sutiyoso, alasannya menutup lokalisasi prostitusi di Kramat Tunggak lebih disebabkan letaknya yang terlalu dekat dengan permukiman penduduk, terutama rumah ibadah. 

Karena itu, Sutiyoso menyatakan mendukung wacana Gubernur Basuki Tjahaja Purnama yang hendak membangun sebuah lokalisasi prostitusi. 

"Ahok (sapaan Basuki) tentu sudah mempertimbangkan banyak hal. Karena itu kalau memang dirasa baik, ya sudah jalani saja," ujar Sutiyoso saat dihubungi, Rabu (29/4/2015). 

Meski menyatakan mendukung, Sutiyoso mengingatkan agar Ahok tidak mengesampingkan program-program pemerintah yang bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan, salah satunya dengan memperbanyak lapangan pekerjaan. 

Karena, ia menganggap jalan terbaik untuk meminimalisir prostitusi adalah dengan memberantas kemiskinan.

"Prostitusi merupakan salah satu anak kandung dari kemiskinan, selain kejahatan. Karena itu cara untuk meminimalisir keberadaannya adalah dengan memperbanyak lapangan pekerjaan," ujarnya. 

Seperti diberitakan, Ahok mewacanakan ingin membangun apartemen yang khusus untuk kegiatan prostitusi dengan jasa PSK bersertifikat. Ia yakin dengan cara itu pemerintah bisa lebih mengontrol praktik prostitusi. 

"Kalau kita baca-baca ada PSK tobat segala macam, itu karena ada yang mempertobatkan mereka. Nah, itu karena (mereka) di kompleks, ketahuan siapa orangnya. Sekarang kita tahu enggak dia (PSK) siapa? Saya mau tanya di Kalibata City, kita enggak tahu kan (siapa PSK-nya)? Pindah-pindah, takut ditangkap. Kita enggak tahu," ujar dia, di Balai Kota, Senin (27/4/2015).(kompas.com)
IKUTI BERITA KLIK
0 Komentar untuk "Sutiyoso Dukung Ahok Bangun Lokalisasi Prostitusi"

 
Copyright © 2015 Rakyat.ga - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info