Rakyat.ga

Media Penyalur Berita dan Informasi

6 Calon Pemimpin KPK Jalani Tes Wawancara Besok



Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) akan melakukan seleksi lanjutan kepada 6 nama calon pemimpin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)‎. Mereka semua akan menjalani tes wawancara untuk menentukan lolos atau tidaknya ke tahap berikutnya.

Tes wawancara itu akan dilakukan oleh tim Panitia Seleksi (Pansel) KPK di Ruang Graha Pengayoman, Kemenkumam, Jakarta. Pansel akan hanya mengambil 2 nama untuk mengikuti fit and proper test di Komisi III DPR.

Wakil Ketua KPK Busyro Muqqodas yang mencalonkan kembali sebagai pimpinan lembaga antirasuah mengaku pasrah terhadap tes wawancara besok. "Saya jalani saja dengan pasrah semeleh (sumeleh atau berserah diri)," kata Busyro dalam pesan singkatnya, Rabu (8/10/2014).

Busyro mengaku tak mau memikirkan lolos atau tidak. Tapi yang penting siapa pun yang kelak menjadi pemimpin KPK dapat berguna bagi bangsa dan negara. "Apa pun putusannya kelak, yang terpenting bermanfaat untuk bangsa dan masyarakat," kata Busyro.

Kemenkumham sebelumnya telah memilih 6 dari 11 nama capim KPK untuk ikut tahap seleksi lanjutan.‎ Mereka adalah Dosen Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan Jamin Ginting, Wakil Ketua KPK Bidang Penindakan Busyro Muqqodas, Anggota DPD 2009-2014 I Wayan Sudirta, Jurnalis Tempo sekaligus pengacara Ahmad Taufik, Kepala Bidang Hubungan Internasional Sekrtariat Kabinet Roby Arya Brata, dan pegawai Biro Perencanaan Anggaran KPK Subagio.

Nantinya, dari 6 nama itu akan dipilih lagi oleh Kemenkumham menjadi 2 orang. Kemudian 2 orang yang terpilih akan menjalani fit and proper test di Komisi III DPR. Selanjutnya DPR hanya akan memilih 1 orang untuk mengisi posisi pimpinan KPK.

Adapun seleksi capim KPK ini dilakukan untuk mencari satu orang pimpinan KPK pengganti Busyro Muqqodas. Sebab, Busyro yang juga mantan Ketua Komisioner Yudisial (KY) itu akan habis masa tugasnya sebagai pimpinan KPK pada Desember 2014 ini.


Sumber : Liputan6.com
IKUTI BERITA KLIK
 
Copyright © 2015 Rakyat.ga - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info