Rakyat.ga

Media Penyalur Berita dan Informasi

Fahri Hamzah Sebut Dana Parpol Bantu Berantas Korupsi

Fahri Hamzah. (MI/Atet Pramadia)
JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah memandang, tambahan dana pemerintah untuk partai politik (parpol) dapat memberantas korupsi yang selama ini marak terjadi.

Pasalnya, tidak ada yang mengatur uang setoran yang masuk ke setiap parpol di Indonesia.

"Ini soal keuangan politik harus diatur. Kalau anda tidak mengatur uang yang masuk dalam politik itulah awal korupsi," ungkap Fahri di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (26/6/2015).

Lanjut Fahri, pemerintah harus bisa menjelaskan fungsi dana parpol tersebut ke masyarakat dan tak terpengaruh dengan sentimen negatif publik.

"Kenapa opini publik menjadi segala-galanya? Enggak usah ada pemilu kalau gitu. Itu maksudnya DPR dan Presiden karena dia dipilih oleh rakyat, maka dia harus berani mengatakan apa adanya yang benar, bukan karena sentimen opini sesaat," beber Fahri.

Soal besaran dana parpol, politisi Partai Keadilan Sosial (PKS) itu menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah.

"Saya enggak tahu itu urusan pemerintah, kan dia yang ngatur dong kan pemerintah yang mau memberantas korupsi dan mengakiri keuangan private dalam politik," tegasnya.

Diketahui, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengajukan kenaikan dana parpol sebesar 10 kali lipat untuk tahap pertama dan 20 kali lipat untuk tahun ke depannya.

Dia menggarisbawahi bahwa kenaikan itu akan direalisasi jika pembangunan infrastruktur sudah memiliki anggaran yang memadai. Tjahjo mengklaim, presiden sudah memberikan persetujuan terhadap kenaikan dana parpol ini. Meski wacana ini masih harus dibahas dengan DPR.(okezone.com)
IKUTI BERITA KLIK
0 Komentar untuk "Fahri Hamzah Sebut Dana Parpol Bantu Berantas Korupsi"

 
Copyright © 2015 Rakyat.ga - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info