Rakyat.ga

Media Penyalur Berita dan Informasi

Ini Alasan Pemerintah Mau Utang ke Lembaga Donor

Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim (kiri) didampingi Menkeu Bambang Brodjonegoro memberikan keterangan pers seusai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, 20 Mei 2015. Bank Dunia menawarkan pinjaman hingga $11 miliar bagi Indonesia. ANTARA/Andika Wahyu
Jakarta - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan tawaran pinjaman dari Bank Dunia sebesar US$ 11 miliar adalah untuk tahun depan. Untuk tahun ini, pemerintah tengah bernegosiasi untuk meminjam ke beberapa lembaga untuk menutup defisit. Lembaga-lembaga itu adalah Bank Dunia, Bank Pembangunan Asia (ADB), dan Japan International Cooperation Agency (JICA). 

Besaran pinjaman yang tengah dinegosiasikan untuk tahun ini adalah US$ 1,2 miliar. Utang ini nantinya akan digunakan untuk menutup defisit anggaran jika besarnya di luar toleransi pemerintah. 

Pemerintah, mentoleransi defisit anggaran hingga 2,2 persen terhadap Produk Domestik Bruto. Jika defisit masih sesuai toleransi pemerintah, maka dana tersebut digunakan untuk mengurangi Surat Utang Negara dalam Rupiah. 

Menurut Bambang, bunga yang akan diperoleh Indonesia akan lebih rendah dari pasar. “Kan namanya pinjaman multilateral,” kata dia di kantornya, Kamis, 21 Mei 2015. 

Dengan mengurangi SUN dalam rupiah, ia melanjutkan, pemerintah ingin menghindai masalah kepemilikan asing. Selain itu, ini juga bisa mengantisipasi kenaikan tingkat buga The Fed. Pinjaman multilateral, kata dia, adalah yang paling aman karena bunganya murah dan tak berubah-ubah.(tempo.co)
IKUTI BERITA KLIK
0 Komentar untuk "Ini Alasan Pemerintah Mau Utang ke Lembaga Donor"

 
Copyright © 2015 Rakyat.ga - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info