Rakyat.ga

Media Penyalur Berita dan Informasi

Ahok: Tidak Usah Bicara Gas, Mobil Pemda Saja Pakai Solar

Petugas mengisi bahan bakar gas (BBG) jenis gas alam terkompresi (compresed natural gas/CNG) ke bus Transjakarta. KOMPAS/PRIYOMBODO
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berencana membeli transjakarta berbahan bakar solar bermerek Hino. Pasalnya, produsen tersebut hanya mampu menyediakan bus berbahan bakar solar, bukan gas. 

"Untuk sementara, nanti bisa kami operasikan busnya pada malam hari, kan mesin busnya Euro III dan Euro IV," kata Basuki di Balai Kota, Rabu (10/6/2015). 

Untuk menjalankan programnya ini, Basuki ingin merevisi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2005 tentang pengendalian pencemaran udara. Dengan demikian, angkutan umum dan mobil pemerintah daerah nantinya bisa menggunakan bahan bakar selain gas.

Beberapa waktu lalu, Basuki pernah berdebat dengan beberapa pejabat DKI yang diduga menghambat proses administrasi bantuan 30 transjakarta oleh pihak swasta. Mereka beralasan, bus bantuan tersebut tidak dapat dijalankan karena bukan berbahan bakar gas.

"Perda mau kami ubah jadi ramah lingkungan. Tidak usah bicara gas. Sekarang semua mobil pemda juga pakai solar," kata Basuki.  

Menurut Basuki, transjakarta berbahan bakar solar-lah yang akan dibeli dalam jumlah banyak. Dia tidak mempermasalahkan jika nantinya Jakarta malah kelebihan bus karena ke depannya semua koridor transjakarta akan beroperasi selama 24 jam.

"Kami enggak masalah kelebihan bus, kok, karena kami memang mau jalanin busnya 24 jam. Biar nanti semua bus terintegrasi untuk masuk semua wilayah yang ada bus. Itu konsepnya," kata Basuki.(kompas.com)
IKUTI BERITA KLIK
0 Komentar untuk "Ahok: Tidak Usah Bicara Gas, Mobil Pemda Saja Pakai Solar"

 
Copyright © 2015 Rakyat.ga - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info