Rakyat.ga

Media Penyalur Berita dan Informasi

Pagi Ini, Ahok Resmikan Prasasti Mei 1998

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama, memberikan sambutan saat mengahdiri acara peletakan batu pertama Prasasti Jarum Mei 1998 ini untuk mengenang korban tragedi Mei 98 di TPU Pondok Rangon, Jakarta (18/5). Prasasti ini adalah tanda memorialisasi TPU Pondok Rangon sebagai salah satu situs sejarah terkait tragedi Mei 1998. Tempo/Dian Triyuli Handoko
Ini, Rabu 13 Mei 2015 akan meresmikan Prasasti Mei '98 besok. Prasasti ini dibangun oleh Pemprov DKI untuk mengenang para korban tragedi berdarah 17 tahun silam tersebut.

Dalam rilis yang diterima dari Komnas Perempuan Indonesia, Ahok akan meresmikan prasasti yang dibangun di TPU Pondok Ranggon itu pagi ini. Peresmian itu dilakukan sekaligus untuk memperingati sebuah tragedi berdarah yang menjadi penanda runtuhnya rezim Orde Baru.

Pada peringatan tahun lalu, Ahok telah melakukan peletakan batu pertama prasasti itu. Saat itu, Ahok masih menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Kala itu Ahok mengatakan, ""Aktivitas (peringatan) ini harus terus menerus dilakukan. Gunanya agar peristiwa sejarah ini tidak begitu saja dilupakan."

Pembangunan prasasti dilakukan di sana karena di TPU itu, ribuan jenazah yang tidak terindentifikasi telah dimakamkan. Dalam nisan yang ada di sana,tertulis sebagai “Korban Tragedi Mei 1998”.

Komnas Perempuan mengungkapkan, pembangunan prasasti ini sebagai upaya tanggung jawab negara untuk merawat ingatan publik dan pemulihan pada korban. "Serta mencegah agar sejarah kelam Tragedi Mei ’98, jangan berulang," kata Ketua Komnas Perempuan Azriana.(tempo.co)
IKUTI BERITA KLIK
0 Komentar untuk "Pagi Ini, Ahok Resmikan Prasasti Mei 1998"

 
Copyright © 2015 Rakyat.ga - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info