Rakyat.ga

Media Penyalur Berita dan Informasi

Hasil Kerja Jokowi Akan Menjawab Isu "Presiden Boneka"


Presiden Joko Widodo diprediksi akan menghadapi tantangan besar dalam pemerintahannya lima tahun ke depan. Direktur Eksekutif Poltracking Hanta Yudha menilai, mampu atau tidaknya Jokowi menghadapi tantangan tersebut akan menjawab keraguan publik atas sebutan 'presiden boneka' yang kerap melekat di Jokowi. 

"Soal bisnis, ekonomi, hubungan internasional, akan menjadi ujian terberat Jokowi sekaligus menjawab keraguan politik apakah presiden boneka itu terbukti," ujar Hanta di Jakarta, Minggu (2/11/2014). 

Hanta menyebut, naiknya Jokowi sebagai presiden memunculkan antitesa politik di Indonesia. Ia mengatakan, Jokowi bukan merupakan ketua umum mau pun pejabat teras partai politik seperti presiden-presiden sebelumnya. Jokowi pun tidak lahir dari trah politik dan tidak pernah menjadi pejabat politik nasional. 

"Dia lahir dari kepala daerah. Dia berprestasi jadi Wali Kota di Solo kemudian jadi Gubernur di Jakarta. Itu kebaruan, jadi peluang sekaligus tantangan berat," kata Hanta. 

Oleh karena itu, Jokowi diharap dapat membuktikan kepada masyarakat bahwa seseorang yang lahir bukan dari dunia politik juga mampu menggerakkan negara dengan baik. Tantangan lain yang perlu dihadapi Jokowi, kata Hanta, yaitu mewujudkan nawacita yang selama ini digembor-gemborkan menjadi visi misi pemerintahannya. 

Jokowi pun diminta membuktikan bahwa kabinet yang dibentuknya benar-benar kabinet yang siap bekerja, bukan sekadar kabinet hasil kompromi politik. "Mudah diucapkan tapi sulit direalisasikan karena sulit menghindari kompromi politik. Tapi stabilitas kekuasaan ditentukan sejauhmana mampu menjaga dukungan publik secara vertikal," kata Hanta.

sumber : kompas.com

IKUTI BERITA KLIK
 
Copyright © 2015 Rakyat.ga - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info