Rakyat.ga

Media Penyalur Berita dan Informasi

Jokowi: Hak politik rakyat jangan dipotong




Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) untuk buka suara tentang polemik RUU Pilkada. Sebab, SBY mengaku belum mendengarkan pendapat yang disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta ini.

Jokowi saat dikonfirmasi mengenai penyataan SBY tersebut sontak bingung. Karena Jokowi sudah pernah menyampaikan untuk menolak rencana pemilihan kepala daerah melalui legislatif. 

"Kok saya?" katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (15/9).

Jokowi menegaskan, alasannya menolak RUU Pilkada ini sudah jelas. Sebab perubahan sistem pemilihan kepala daerah menjadi tidak langsung memotong hak politik rakyat. Dan ini tidak boleh terjadi dengan alasan apapun. "Hak politik rakyat jangan dipotong dengan alasan yang anggaranlah, money politic, konflik horizontal. Justru itu yang akan dewasakan masyarakat," ungkapnya.

Gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan, sistem pemilihan secara langsung untuk kepala daerah sudah benar. Bahkan saat ini, Jokowi menilai, proses pendewasaan masyarakat sudah berjalan sebagaimana mestinya. "Sekarang masyarakat sudah mengerti betul cara pilih wali kota, bupati, gubernur. Jadi jangan sampai kita mundur lagi ke belakang," tutupnya.

Sebelumnya, SBY mengatakan, belum mendengar apa pandangan Jokowi selaku presiden terpilih mengenai RUU Pilkada. Dia menyarankan kepada masyarakat untuk menanyakan langsung kepada Jokowi mengenai sikapnya.

"Rakyat juga bisa tanya langsung karena undang-undang yang baru ini berlaku untuk ke depan berarti pemerintahan Pak Jokowi seterusnya," kata SBY dalam sebuah wawancara di akun Suara Demokrat di youtube yang diunggah pada Minggu (14/09/2014) malam.

Dikatakan SBY yang juga Kepala Negara itu, dirinya dengan Jokowi belum pernah membahas tentang RUU Pilkada. Ia pun kembali mengingatkan agar rakyat menanyakan langsung ke Jokowi terkait RUU Pilkada tersebut. "Kalau rakyat ingin mengetahui pikiran Pak Jokowi, perspektif beliau, visi beliau tentang demokrasi ini, dan pilihan sistem yang paling baik seperti apa saya persilakan menanyakan kepada beliau (Jokowi)," ucap SBY.


Sumber : Merdeka.com
IKUTI BERITA KLIK
 
Copyright © 2015 Rakyat.ga - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info