Rakyat.ga

Media Penyalur Berita dan Informasi

Jas Jokowi Lahir di Tailor `Pinggir Jalan`



Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) tak muluk-muluk soal busana. Tak perlu pula dirancang dan dibuat di butik sohor, nyatanya Jokowi lebih memercayakan pembuatan jas untuk pelantikannya pada penjahit pinggir jalan.

Penjahit yang dipilih Jokowi tak lain Rusman, pemilik Feng Sin Tailor. Padahal, pengamatan Metrotvnews.com, Feng Sin Tailor hanya sebuah los kecil di tepi Jalan Raya Gunung Sahari V, Jakarta Pusat. Bangunan berwarna krem itu jauh dari kata wah.

Tak ada tempat parkir mobil di depan Feng Sin Tailor. Areal kosong di depan `butik` itu hanya muat untuk beberapa motor, seperti terlihat, Rabu (15/10/2014) siang. Kalau sudah terparkir empat lima motor, pelanggan terpaksa berjalan miring untuk sampai ke depan pintu masuk tempat usaha Rusman.

Ruang dalam tailor milik Rusman pun jauh dari pemandangan mewah. Di dalam hanya ada dua sofa kecil untuk pelanggan yang berkunjung. Tak ada penjahit lain di sana, selain Rusman.

"Menjahit adalah bisnis turun temurun di keluarga saya. Sejak 1971, saya sendiri yang menjalankannya," Rusman membuka perbincangan dengan Metrotvnews.com.

Menurut Rusman, Feng Sin Tailor dirintis oleh ayahnya. Rusman baru terjun langsung ketika ayahnya mangkat. "Jadi bisa dibilang sejak 1930-an lah ini (Feng Sin) sudah ada," kata pria asal Kalimantan Barat, itu.

Rusman tak pernah jenuh melakoni bisnis ini. Hobi lantarannya. Baginya, semua pengalaman sangat mengesankan.

"Sepanjang ini hobi saya, apa pun yang saya lakukan selalu berkesan buat saya pribadi," Rusman tersenyum.

Meski Feng Sin berusia tak muda, toh kesederhanaan tetap melekat di sana. Rusman juga hanya memerkerjakan 10 pegawai. "Kita (juga) nggak ada buka cabang. Di sini saja, satu," ucap Rusman.

Tempat dan pelayanan boleh sederhana, tapi pelanggan di `butik` Rusman berwarna, mulai dari orang biasa sampai pejabat. Tak percaya, Jokowi dan Ahok buktinya. Keduanya memercayakan rancangan pakaian mereka di tangan Rusman.


Sumber : Kompas.com
IKUTI BERITA KLIK
 
Copyright © 2015 Rakyat.ga - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info