Rakyat.ga

Media Penyalur Berita dan Informasi

Kopi Memiliki Manfaat Untuk kesehatan Mulut dan Gigi




Bicara tentang kopi, yang ada dalam pikiran Anda tentu kafein dan efeknya pada energi atau kebiasaan tidur. Kopi memang diketahui sebagai salah satu sumber energi instan, sekaligus minuman yang bisa membuat Anda insomnia. Namun selain itu, kopi ternyata juga menyimpan manfaat untuk kesehatan mulut dan gigi.

Peneliti dari Boston University mengungkap bahwa minum kopi bisa melindungi mulut dan gigi dari penyakit seperti peradangan gusi dan peradangan pada tulang rahang, seperti dilansir oleh Men's Health (30/08).

Hasil ini didapatkan peneliti setelah melakukan penelitian terhadap 1.000 pria selama 30 tahun. Mereka menemukan bahwa pria yang minum satu cangkir kopi sehari atau lebih memiliki lebih sedikit gigi yang rusak atau tanggal akibat peradangan pada gusi. Peneliti juga menemukan bahwa orang yang rajin minum kopi berisiko lebih kecil terkena penyakit periodontal seperti gusi berdarah atau serangan bakteri pada gigi.

Lantas, bagaimana bisa kopi membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi? Peneliti percaya hal ini dipengaruhi oleh antioksidan yang ada dalam kopi. Seperti diungkap oleh ketua peneliti Raul Garcia, D.M.D., bahwa antioksidan dalam kopi kemungkinan meredam proses peradangan yang bisa merusak gusi dan tulang rahang.

Terlalu sering minum kopi memang bisa mengubah warna gigi Anda. Namun sisi positif lainnya Anda akan terhindar dari peradangan gusi dan masalah mulut lainnya. Kopi diketahui mengandung lebih sedikit asam jika dibandingkan dengan minuman lain seperti jus, soda, dan minuman berenergi. Minuman-minuman tersebut diketahui bisa merusak gigi dalam waktu yang cepat.

Jadi, sudahkan Anda minum kopi hari ini?


Sumber : Merdeka.com, Image courtesy of ©Shutterstock/ Igor Klimov
IKUTI BERITA KLIK
 
Copyright © 2015 Rakyat.ga - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info